Untuk perkenalan saja NAS Server / Network Attach Storage – merupakan badan usaha yang berusaha memfasilitasi user agar dapat menikmati kemudahan dalam berbagi dan menyimpan data-data penting organisasi/ badan usaha dan juga mampu melindungi data-data sensitive dari kehilangan ataupun pencurian data digital. Solusi seperti ini pada umumnya lebih dikenal sebagai sebuah Server.

Dengan mementingkan keperluan para usernya NAS menciptakan produk-produk media penyimpanan data dengan membagi tingkat kebutuhan user, dan terbagi sebagai berikut;

Kebutuhan Dasar (Primer) antara lain :

  • File Server atau server yang berfungsi untuk menyimpan dokumen elektronik
  • BackUp Server yaitu server yang berfungsi untuk backup data untuk mengantisipasi harddisk rusak
  • Web Server yaitu server yang berfungsi untuk memberikan layanan aplikasi berbasis web (web site dll)
  • Database Server yaitu server yang berfungsi untuk menampung data server yang berupa web site dan program aplikasi

 

Kebutuhan Optional (Sekunder) :

  • Email Server yaitu server untuk layanan email
  • NVR Server kepanjangan dari Network Video Recording yaitu server untuk menampung rekaman video dari IP Camera
  • Audio Server yaitu server yang dapat memancarkan audio (audio streaming) layaknya radio online
  • Video Server yaitu server yang dapat memancarkan video (video streaming) layaknya TV Online

Setelah memilah berbagai kebutuhan dan membaginya dengan 2 tipe kebutuhan, fitur-fitur tersebut tidak mungkin user dapatkan pada satu server saja. Dengan ketidakmungkinan tersebutlah NAS berusaha membuat impian kemudahan Anda mendapatkan semua fitur dalam satu server menjadi kenyataan.

NAS meluncurkan sebuah teknologi synology, teknologi berbasis media penyimpanan data yang akan menyediakan banyak ruang untuk menyimpan data Anda. Teknologi synology ini mungkin akan menjawab semua kebutuhan IT dalam sebuah organisasi maupun badan usaha.

Synology merupakan Hybrid Storage Server yang dapat berfungsi sebagai file Server NAS (Network Attach Storage). Selain sebagai NAS, Synology juga mempunyai fitur-fitur untuk memenuhi kebutuhan primer dan sekunder seperti tersebut diatas. Fitur-fitur tersebut tersedia di Package Center. Aplikasi tersebut terbagi dalam kategori Backup, Multimedia, Business, Security, dan Utility. Anda tinggal memilih fitur-fitur yang ingin digunakan dengan cara yang sangat mudah dan User Friendly dengan panel pengaturan (Console) berbasis web.

Synology Hybrid Storage Server

Produk Synology dibagi menjadi dua kategori yaitu untuk kelas desktop dengan sebutan Synology Diskstation dan kelas Rackmount yaitu Synology Rackstation.

Masing-masing kategori memiliki beberapa tipe produk. CCTV Garuda Semarang akan menjelaskannya secara rinci pada artikel CCTV Garuda Semarang yang selanjutnya.

Synology NAS Server didesain untuk mempermudah kita mengelola data-data digital. Akan ada berbagai keuntungan yang dapat kita nikmati, diantaranya:

  • Dapat dijadikan Multifungsi Server
  • Mudahnya Mengatur Managemen Server
  • iSCSI dan Virtualisasi
  • Solusi untuk penyimpanan data yang lebih besar
  • Membackup data menjadi lebih mudah
  • Mengamankan data dan menjaga server untuk tetap berfungsi atau berjalan

Biaya yang dibutuhkan menjadi lebih murah/kecil karena dibandingkan kalau kita merakit server biaya yang dibutuhkan akan besar/mahal seperti biaya untuk membeli Processor Server,Matherboard Server,Memory Server,dan juga untuk software Windows Servernya.

Pemakaian listrik pada synology lebih hemat dibandingkan kalau kita memakai server,sebagai contoh untuk produk type Synology Diskstation DS1513+ hanya membutuhkan daya 200 watt dibandingkan kalau memakai server bisa diatas 700 watt

Untuk mendukung kemudahan aksesnya dari berbagai macam mobile device, Synology juga menyediakan berbagai macam aplikasi mobile yang dapat digunakan oleh mobile device baik berbasis Android maupun IOS dan Windows Phone dimana semua aplikasi tersebut gratis dan siap pakai.

Synology Package Center

Synology NAS Server perangkat yang hemat energy karena mendukung gerakan green technology.Hal tersebut masih dilengkapi lagi dengan fitur power manajemen sehingga Solution Synology Diskstation dapat dikonfigurasi untuk shutdown dan startup secara otomatis sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

Synology NAS Server

All In One Server Synology juga dapat berfungsi sebagai surveillance station,fungsi ini berguna untuk menyimpan hasil record dari beberapa unit IP Camera yang dalam hal ini akan diberikan 1 Free license.

Semoga bermanfaat!!