Tak hanya sampai pada tahap teknologi CMOS, CCD yang bekerja sebagai alat rekam ini kemudian dikembangkan kembali menjadi teknologi DIS atau Digital Image System. Untuk unit kamera CCTV DIS yang beredar di pasar umumnya dengan resolusi 520 TVL, 600 TVL, 700 TVL, 800 TVL, 1000 TVL (Sony 138+FH 8520) dengan dilengkapi IR-CUT untuk hasil visual yang lebih BAIK saat IRDA/ infra red LED menyala. Beberapa assembler kamera CCTV DIS menggunakan chipset seri BYD, OV, PIXELPLUS- PC, HT, MT9V139 / M139, SONY dengan DSP AVS, FH 8510-untuk low end class atau FH 8520- untuk high end class yang dapat menghasilkan kualitas, warna, ketajaman gambar yang berbeda-beda. Bahkan ada beberapa CCTV assembler telah menggunakan komponen HDIS untuk menghasilkan gambar lebih tajam daripada kamera CCTV DIS standard.

Perbedaan secara struktur perakitan kamera CCTV, kamera CCTV CCD tidak dilengkapi IR cut (karena tidak diperlukan), sedangkan CMOS /DIS sangat membutuhkan IR cut untuk menyaring sinar infra red agar tampilan gambar kamera tidak tampak hijau /ungu.

Cara paling mudah dalam membedakan kamera CCD palsu (CMOS/DIS) tanpa membuka casing kamera adalah saat IR cut aktif/bekerja bersamaan lampu led Infra red menyala , maka akan terdengar bunyi “klik /ceklek”. Apabila terdengar bunyi seperti itu, maka kamera tersebut adalah kamera CCTV DIS /CMOS.

Semoga bermanfaat!!