Dalam perkembangan teknologi yang semakin istimewa ini banyak sekali vendor yang berlomba-lomba memberikan bonus bagi setiap pengguna teknologi canggih dengan memberikan fitur ekstra menyenangkan disetiap produk elektronik yang mereka luncurkan. Dan terkadang fitur dalam teknologi tersebut seringkali mncengangkan, bukan karena bentuknya yang super baru melainkan kepintaran dan kemampuan yang dapat dilakukan oleh alat elektronik tersebut.

Untuk kali ini yang akan kami bahas bersama Anda adalah ponsel berbasis smartphone yang sangat digandrungi oleh pengguna ponsel. Bahkan di Indonesia sendiri presentasi pengguna smartphone diatas 50% dan menduduki peringkat ke empat diseluruh dunia dalam survey penduduk yang menggunakan smartphone yang dilakukan oleh instansi Mark Plus Insight Netizen pada tahun 2012 lalu. Nah kalau sekarang?

Mulai dari anak-anak, remaja bahkan dewasa pun banyak yang kami CCTV Semarang lihat menggunakan ponsel berbasis smartphone. Kami akui, selain menawarkan bentuk design mulai dari yang sederhana hingga yang sangat unik dan menarik tetapi juga menyajikan fitur-fitur keren. Contohnya memberikan O.S windows/ Quickoffice dan lain sebagainya yang dapat digunakan para karyawan bekerja melalui ponsel pintar mereka dengan sangat cepat. Untuk para seniman, ponsel-ponsel pintar ini dibekali kamera-kamera dan aplikasi-aplikasi penuh karya seni untuk mengembangkan ide mereka melalui media yang telah disediakan pada ponsel dan juga dapat membagikan karya mereka pada seluruh dunia. Tak hanya memanjakan para seniman saja, bagi kawula muda yang doyan sekali berfoto selfie ponsel smartphone ini adalah media mereka untuk tetap eksis didunia maya, turut memanjakan mereka yang ingin menjadi phonegrapher.

Dan untuk pengguna smartphone anak-anak, berjuta aplikasi permainan Anak diluncurkan. Selain hanya untuk bersenang-senang, banyak diluncurkan permaianan yang dapat membantu menumbuh kembangkan pendidikan anak-anak melalui permainan atau games. Tak hanya itu, jutaan aplikasi yang memudahkan semua pengguna smartphone membuat presentase pengguna smartphone semakin bertambah setiap harinya.

Membahas  mengenai kecanggihan teknologi smartphone menurut kami tak akan ada habisnya, baru membuka perbincangan saja kami telah menghabiskan 4 paragraf dalam membahas kecanggihan teknologi pada ponsel berbasis smartphone ini.

Bicara tentang kecanggihan smartphone lainnya, pernahkah Anda mendengar bahwa smartphone yang saat ini kita genggam ini ternyata dapat diubah menjadi perangkat keamanan yang biasa dikenal dengan istilah CCTV? Yup hal itu memang benar adanya. Kita dapat menciptakan system keamanan dengan ponsel pintar kita. Kami CCTV Semarang akan mengajak Anda mengulasnya dari awal hingga akhir, membahas bagaimana langkah yang harus dilakukan untuk dapat membuat ponsel kita dapat live streaming sebegai kamera pengawas atau CCTV.

Setelah berbasa-basi panjang lebar mengenai kecanggihan smartphone, kali ini kami CCTV Semarang ingin langsung mengajak Anda parktek langsung dalam pembuatan CCTV live streaming dengan media utama kita SMARTPHONE!

Pertama yang harus Anda ketahui mengapa demikian adalah, bagi Anda yang tidak ingin hanya menggunkan ponsel pintar Anda sebagai gadget untuk bekerja ataupun menemukan berbagai kesenangan dalam fitur-fiturnya tapi juga ingin memetik fungsi keamanan yang dapat dilakukan ponsel pintar Anda inilah salah satu cara yang bisa Anda coba. Selain menggunakan peralatan yang sudah ada tentunya tidak membutuhkan uang tambahan lain.

Langsung saja yang perlu Anda siapkan untuk membuat CCTV smartphone live streaming yaitu;

  1. Smartphone
  2. PC atau Laptop

Hanya 2 benda tersebutlah yang Anda butuhkan, benar-benar simple bukan?

Langkah-langkahnya:

  • Masuklah pada aplikasi playstore atau google play pada smartphone Anda, isi “IP Webcam” pada mesin pencari di pojok kanan atas layar ponsel Anda. Dan jika sudah muncul aplikasi yang dimaksud segera install, dengan ukuran sebesar 13.68 aplikasi ini yang dibutuhkan untuk CCTV smartphone live streaming Anda.

  • Setelah terinstal langkah selanjutnya adalah setting IP Webcam mulai dari kwalitas gambar, kwaliats suara dan lainnya, pilih pada menu yang sudah di sediakan. Setelah semua di setting lihat pada bagian berwarna merah atau yang bertuliskan Start server, Klik pada menu tersebut. Lihat gambar di bawah ini.

  • Selanjutnya tampilan kamera CCTV akan terlihat di layar Android Anda, lihat alamat URL IP yang bertuliskan http://192.168.1.104:8080/ atau yang di beri kotak berwarna merah pada gambar di bawah ini, kode ini lah yang nantinya Anda gunakan untuk melihat tampilan CCTV di Browser PC atau Laptop Anda

  •  Langkah berukutnya masuk ke browser, silahkan pilih browser Crome, Firefox, atau kesukaan Anda. Ketik alamat URL yang terdapat di Android Anda atau dalam contoh ini adalah http://192.168.1.104:8080/. Setelah Anda masuk situs ini otomatis menuju ke IP Webcam, pada saat Anda mengetik kode IP di browser kondisi IP Webcam  harus terkoneksi dengan PC / Laptop melalui Wi-Fi. Untuk tutorial ini Saya menggunakan koneksi Wi-Fi Speedy pada PC ke Android Samsung Galaxy Tab 3.8.0. Pastikan juga aplikasi IP Webcam juga sudah On agar bisa terkoneksi dengan PC/ Laptop.
  • Selanjutnya pada menu Video render klik Browser atau Java, Untuk Java pastikan PC atau Laptop Anda sudah terinstal Java Scrip, jika belum terinstal maka video CCTV ini tidak bisa dibuka. Namun jangan binggung karena dengan menu Browser saja sudah bisa dan tentunya lebih simpel. Hasil dari Kamera CCTV dengan browser sebagai berikut 
  • Hasilnya seperti ini,

 hasil rekaman cctv smartphone live streaming

 Sampai pada pembahasan terakhir mengenai kecanggihan teknologi pada ponsel berbasis smartphone khususnya yang biasa dikenal dengan istilah android. Jika pada kiriman sebelumnya kami CCTV Semarang mengajak Anda mengulas mengenai fitur-fitur canggih bawaan pada smartphone bahkan mengubah ponsel smartphone Anda menjadi salah satu alat system keamanan kamera CCTV.

Dan kali ini kami hendak mengajak Anda mengulas kelebihan dan kelemahan instalasi CCTV live streaming menggunkan smartphone Anda.

Kelebihan dengan CCTV smartphone live streaming;

  1. Tidak perlu biaya tambahan
  2. Hanya membutuhkan perangkat beruba ponsel smartphone dan PC atau laptop
  3. Tidak membutuhkan kabel
  4. Bermodalkan kuota internet pada ponsel dan atau jaringan internet yang sudah terpasang dirumah.

Alih-alih ingin mendapatkan keuntungan instalasi CCTV karena tidak perlu mengeluarkan uang tambahan, Anda menggunkan smartphone yang saat ini Anda pegang untuk dijadikan CCTV. Memang tidak salah, namun yang perlu Anda ketahui adalah, kelemahan/ kerugian apa saja yang mungkin akan Anda petik karena instalasi CCTV smartphone live streaming tersebut. Berikut penjelasannya:

  1. Tidak bisa selalu live streaming. Sesuai takdirnya sebagai smartphone, Anda pasti tidak ingin meninggalkan smartphone Anda lama-lama, keinginan untuk selalu beraktivitas dengan smartphone tak bisa dihindarkan. Benar bukan?
  2. Baterai cepat habis. Meskipun pada spesifikasi smartphone Anda tertera baterai smartphone dapat bertahan hingga lebih dari 2 hari namun jika untuk pengoperasian smartphone yang secara continue tidak pernah berhenti (jika digunakan untuk CCTV tanpa henti) itu akan membuat baterai smartphone Anda cepat habis. Dan yang lebih parah lagi, mungkin baterai atau smartphone Anda akan mengalami kerusakan ringan namun bisa saja mengganggu, mengapa demikian? Pengoperasian smartphone yang secara terus menerus akan memaksa elemen-elemen didalamnya bekerja lebih keras yang menimbulkan mesin smartphone menjadi panas. Jika diteruskan smartphone Anda bisa jadi meledak karena mesinnya tidak pernah berhenti bekerja.
  3. Rawan hilang. Tujuannya memang digunakan sebagai alat system keamanan, namun bisa jadi CCTV smartphone Anda malah menjadi incaran tangan-tangan jahat. Dengan keberadaanya yang mudah terlihat, tidak memungkinkan menimbulkan niat jahat orang-orang yang melihat smartphone sendirian.
  4. Tidak Efisien dan efektif. Dari ketiga point diatas sudah dapat dipahami mengapa instalasi  CCTV live streaming tidak efektif, karena pencapaian yang diharapkan mungkin tidak akan tercapai dan tentu saja menimbulkan beberapa kerugian secara materiil. Kalau soal efisien, mungkin untuk hemat biaya, sedikit ada benarnya. Namun untuk hemat tenaga dan waktu, kami tidak menyatakan setuju.
  5. Bukan tugasnya. CCTV Smartphone mungkin bisa menjadi alternative, namun lebih baik menggunakan kamera CCTV pada umumnya. Untuk keamanan yang Anda harapkan, meluangkan sedikit waktu dan biaya tidak masalah jika mengingat banyak keuntungan dan manfaat yang akan Anda rasakan.

Semoga Bermanfaat!!