Jika beberapa waktu lalu kami CCTV Semarang sempat mengajak Anda membahas mengenai sejarah infrared hingga jenis dan manfaatnya dalam setiap bidang kehidupan kali ini kami akan mengajak Anda melanjutkan berdiskusi tentang infrared namun dalam bidang system keamanan CCTV.

Dalam kamera CCTV baik indoor maupun outdoor terdapat lampu infrared LED yang fungsi utamanya adalah untuk dapat membantu kamera focus dan dengan jelas menangkap gambar pada malam hari maupun dalam ruang yang minim cahaya (gelap). Lampu infrared LED dalam suatu unit kamera kebanyakan tidak sama jumhanya dari satu kamera dengan kamera lainnya. Mengapa demikian? Sebenarnya itu tidak berpengaruh sedikitpun dalam instalasi CCTV, jika dilihat dari jumlahnya itu tergantung vendor atau pabrik pembuat unit kamera tersebut menggunakan jenis lampu infrared jenis apa, bentuk apa dan berapa jumlahnya karena semua fungsinya sama saja.

Namun tak sedkit dari para user CCTV yang masih bertanya “kok lampu LED-nya beda ya pak? Bedanya apa?” sedikit dari kami CCTV Semarang jelaskan bahwa sekali lagi fungsinya sama. Untuk secara detilnya akan kami jelaskan secara sederhana.

Jumlah lampu infrared LED pada unit kamera yang berbeda-beda tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Namun untuk kualitas gambar memang ada pengaruhnya, berikut perbedaannya:

  1. Kamera CCTV dengan lampu infrared LED 4 mata; sesuai fungsi dari infrared yang dapat mengadaptasi ruangan gelap sehingga masih dapat merekam gambar dengan jelas ke mode hitam putih lampu LED ini juga menentukan kejelasan gambar yang tertangkap oleh kamera. Untuk kamera dengan LED 4mata yang lebih canggih dapat merekam jelas dalam keadaan gelap pada jarak maksimal 10-15 meter.
  2. Sedangkan untuk unit kamera CCTV dengan lampu infrared banyak hanya mampu merekam gambar dengan jelas pada jarak maksimal 5-7meter.

Jadi yang membedakan kedua hal tersebut adalah jarak yang dapat dijangkau oleh kamera agar dapat merekam gambar dengan jelas.

Semoga bermanfaat!