Pada kesempatan kali ini kami CCTV Semarang akan mengajak Anda berdiskusi mengenai Video Balun pada instalasi CCTV. Berikut ini adalah beberapa hal yang berkaitan dengan video balun pada instalasi CCTV yang Anda pasang.

Banyak diantara kita yang memasang kamera CCTV diluar ruangan (outdoor) untuk kepentingan tertentu, dengan tujuan tersebut banyak dari kita yang melupakan langkah yang harus dilakukan untuk dapat membuat usia instalasi kamera CCTV outdoor kita lebih panjang.

Padahal hal itu adalah salah satu langkah penting, Mengapa camera dan balun yang dipasang di luar (outdoor) memiliki resiko kerusakan tinggi dan kualitasnya tidak stabil? Secara alamiah kabel-kabel outdoor yang panjang akan memiliki resiko kerusakan akibat kilat dan petir, sekalipun sudah dilengkapi dengan TVS (Transient Diode for Surge Protection). Akan tetapi produk ini hanya benar-benar rusak apabila terkena petir yang sangat kuat. Oleh sebab itu, kami menganjurkan agar tetap memasang proteksi anti petir pada setiap device yang memiliki kualitas terbaik dan dapat diandalkan. Kita tidak bisa menghindari factor alami yang dapat merusak peralatan CCTV yang terpasang, namun kita masih dapat melakukan perlindungan untuk peralatan instalasi CCTV. Bagaimana melindungi peralatan seperti camera, DVR dan monitor dari kerusakan akibat petir? Tambahkanlah peralatan proteksi anti petir (surge protection) di belakang camera dan pada input peralatan, seperti DVR atau monitor. Hal tersebut sudah merupakan langkah sederhana yang tepat untuk membantu melindungi instalasi CCTV Anda dari buruknya cuaca.

Timbul lagi pertanyaan, Dapatkah RF (Radio Frequency) menyebabkan interferensi terhadap sinyal video pada saat memakai balun? Secara teoritis tidak, karena balun sangat kebal terhadap interferensi. Demikian pula dengan kabel twisted seperti UTP Cat 5 yang dapat meredam pengaruh interferensi. Satu-satunya penyebab interferensi yang perlu diwaspadai adalah sinyal RF berdaya tinggi, baik pada coaxial maupun twisted pair. Kita bisa mencoba kabel twisted pair dengan shield berbahan aluminium foil mylar, tetapi cara terbaik adalah menghindari area yang berpotensi menimbulkan interferensi.

Semoga bermanfaat!