Berbincang mengenai produk kamera yang tersedia dalam toko kami CCTV Garuda Semarang kali ini kami akan memperkenalkan kamera CCTV jenis AHD dan Analog. Dalam segi fisik tak ada perbedaan yang cukup signifikan, namun dari segi hasil gambar yang ditawarkanlah menjadi tolak ukur tersendiri dalam keputusan mau menggunakan kamera CCTV dengan jenis AHD atau Analog.

Perbedaan kamera CCTV AHD dan Analog:

Awal mula kemunculan kamera jenis AHD adalah perkembangan teknologi CCTV yang mulai banter di angkat oleh para masing-masing vendor, dengan menciptakan keunggulan-keunggulan CCTV terbaru untuk menarik para konsumennya.

Dengan mengubah resolusi kamera Analog yang biasanya mengusung resolusi mulai dari 380TVL, 420 TVL, 540 TVL, 600 TVL dan 700TVL. Generasi kamera CCTV pertama ini masih banyak dijual di toko-toko CCTV konvensional dengan kualitas gambar yang pas-pasan. Hasil gambarnya bagus dan cenderung mencukupi memnuhi kebutuhan pengawasan yang sederhana, sayang jika melakukan pembesaran gambar (zoom out) gambar akan pecah dan menjadi tidak jelas.

Generasi kedua kamera CCTV Analog ditandai dengan resolusi 800 TVL, 1000TVL dan 1200TVL. Ini adalah resolusi tertinggi kamera CCTV Analog generasi kedua yang menghasilkan gambar video yang tajam dan jernih. Harga kamera CCTV 800TVL pun hanya terpaut tipis dengan Kamera CCTV 700TVL.

Untuk memperoleh resolusi kamera yang lebih tinggi lagi, para vendor CCTV berlomba menciptakan kamera-kamera CCTV generasi selanjutnya. Dengan mengubah resolusi kamera CCTV Analog menjadi (melakukan terobosan baru) terciptalah kamera CCTV dengan resolusi Analog High Definition) atau AHD yang resolusi kameranya setara dengan (minimal) 720P (1280x720 pixel). Kamera ini menandai era kamera analog dengan resolusi 1 Mega Pixel. Gambar hasil rekaman yang disajikan sangat memuaskan, jernih, jelas dan tidak mengalami kerusakan gambar (gambar pecah, buram/ tidak jelas) pada saat melakukan zoom out atau pembesaran obyek. Bahkan dapat dengan jelas melihat plat motor kendaraan.

Jadi yang membedakan dari kedua jenis kamera tersebut adalah resolusi yang diusung dari masing-masing kamera. Semoga bermanfaat!