Dalam kesempatan kali ini kami CCTV Semarang akan mengajak Anda membahas mengenai permasalahan CCTV Vidoe Loss atau yang biasa disebut dengan VLoss (gambar rekaman hilang).

Tujuan utama seseorang membeli CCTV adalah untuk meningkatkan keamanan rumah atau bisnisnya dengan melakukan pengawasan melalui kamera yang kemudian direkam dan ditransfer ke layar monitor. Tapi bagaimana bila fungsi utama itu tidak bisa dilakukan karena tiba-tiba layar monitor pemantau Anda kehilangan gambar dan berwarna biru? Mengapa bisa terjadi seperti itu?

Kasus diatas memang merupakan salah satu masalah yang sering muncul dalam penggunaan sistem CCTV. Istilah yang sering digunakan untuk menyebut masalah tersebut adalah video loss atau yang sering disingkat Vloss. Saat itu terjadi, layar monitor salah satu channel kamera atau bahkan semuanya akan berubah menjadi biru disertai tulisan Vloss yang muncul di layar monitor.

Vloss terjadi tentu saja bukan tanpa penyebab. Ada beberapa penyebab yang bisa membuat Vloss terjadi. Tapi, secara umum Vloss muncul karena tidak ada aliran listrik atau paket CCTV kehilangan sinyal video dar kabel coaxial kamera CCTV menuju DVR. Bila hal vloss terjadi pada sistem CCTV Anda tak perlu panik dulu. Ketahui apa penyebabnya kemudian Anda bisa mengatasinya toh hal tersebut adalah hal yang wajar dialami oleh setiap paket CCTV. Berikut beberapa penyebab terjadinya Vloss:

Adaptor Mati

Adaptor merupakan salah satu sumber listrik untuk perangkat kamera CCTV. Jadi bila adaptor mati secara otomatis aliran listrik akan terputus sehingga kamera dan DVR tidak mendapat daya. Solusi untuk mengatasi masalah ini adalah memastikan apakah adaptor masih berfungsi dengan baik atau tidak Anda bisa mengetesnya menggunakan alat bernama avometer atau yang juga sering disebut multitester. Jika terbukti adaptor rusak mau tak mau Anda harus menggantinya dengan yang baru atau yang masih berfungsi dengan baik.

Kamera CCTV Anda Rusak

Jika kamera rusak sudah pasti tidak ada gambar atau video yang akan ditangkap oleh kamera untuk dikirimkan ke DVR dan kemudian diteruskan ke layar monitor. Secara otomatis sinyal video dari kamera juga akan menghilang. Oleh sebab itu layar menjadi biru. Satu-satunya cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memperbaiki kamera CCTV ataupun membeli kamera CCTV yang baru pada distributor CCTV murah di tempat sebelumnya Anda membeli.

DVR disambar Petir/ Rusak

Bisa dibayangkan kalau kepala kita khususnya otak kita pusing? Hampir dapat dipastikan bahwa semua sitem tubuh akan terganggu. Demikian pula dengan sistem CCTV. Bila DVR yang menjadi otaknya rusak atau disambar petir, makan fungsi sistem CCTV tidak akan berjalan. Lakukan pencegahan dengan memasang alat penangkal petir atau melakukan perawatan rutin pada DVR CCTV Anda.

Port Konektor yang Terdapat di DVR Rusak

Bila kamera, DVR, adaptor Anda baik-baik saja dan masih terjadi Vloss, cobalah pindahkan konektor pada channel atau port yang tak terpakai. Barangkali memang port konektornya yang rusak. Bila memang demikian, dengan memindahkan konektor, sistem CCTV Anda akan berjalan normal kembali.

Demikian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat!