Selamat Hari Sumpah Pemuda 2018

Sumpah Pemuda adalah satu tonggak utama dalam sejarah pergerakan kemerdekaan Indonesia. Ikrar ini dianggap sebagai momentum awal dari bulatnya tekad pemuda Indonesia untuk mengakhiri masa ketertindasan yang telah berjalan selama beratus-ratus tahun dan menegaskan cita-cita berdirinya negara Indonesia

Sesuai dengan nama “Sumpah Pemuda”, peristiwa ini merupakan sebuah momen ketika para pemuda Indonesia mengucapkan ikrar bahwa mereka bertanah air satu, berbangsa satu, dan berbahasa satu yaitu Indonesia. Ikrar yang diucapkan pada tanggal 28 Oktober 1928 ini, kemudian selalu diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda.

Istilah “Sumpah Pemuda” sendiri tidak muncul dalam putusan kongres tersebut, melainkan diberikan setelahnya.Berikut ini adalah bunyi tiga keputusan kongres tersebut sebagaimana tercantum pada prasasti di dinding Museum Sumpah Pemuda :

  • PERTAMA : Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Bertumpah Darah Yang Satu, Tanah Indonesia.
  • KEDUA : Kami Putra dan Putri Indonesia, Mengaku Berbangsa Yang Satu, Bangsa Indonesia.
  • KETIGA : Kami Putra dan Putri Indonesia, Menjunjung Bahasa Persatuan, Bahasa Indonesia.

 

Pada momen bersejarah ini pulalah, lagu kebangsaan Indonesia Raya karya W.R. Soepratman diperdengarkan untuk pertama kali. Setelah sebelumnya, di tahun yang sama lagu ini juga telah dipublikasikan pada media cetak ‘surat kabar Sin Po’.

Di sekolah-sekolah setiap tanggal 28 Oktober dilakukan serangkaian kegiatan. Dimulai dengan upacara pengibaran bendera yang diikuti oleh seluruh guru, siswa dan siswi kemudian dilanjut dengan kegiatan lomba yang diselenggarakan sekolah. Pengawasan kegiatan sekolah perlu ditambah dengan penggunaan kamera CCTV untuk memanatu kegiatan sekolah. Penggunaan kamera CCTV dalam lingkungan sekolah diharapkan mampu memberikan efek positif dan mencipatakan kondisi pendidikan yang lebih bermutu tinggi.

Kami dari CCTV Garuda memberikan solusi untuk sekolah yang ingin memantau kegiatan siswa maupun guru dengan mudah dengan menawarkan paket kamera CCTV dari mulai 4 kamera, 8 kamera, bahkan 16 kamera yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan sekolah. CCTV Garuda menawarkan paket dengan harga yang menarik dan terjangkau karena sudah lengkap termasuk instalasi pemasangannya. Bila Anda tertarik ingin memasang CCTV silahkan hubungi kami CCTV Garuda, atau Anda dapat melihat produk kami di www.cctvgaruda.com.