Tahun Baru Islam 1440 Hijriah

Tahun Baru Islam merupakan salah satu hari penting bagi umat Islam karena menandai peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam yaitu memperingati penghijrahan Nabi Muhammad saw. dari Kota Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Peristiwa bersejarah itu terjadi pada 1 Muharram tahun baru bagi kalender Hijriyah. Merayakan atau memperingati tahun baru Islam 1 Muharram hakikatnya adalah mengenang kembali peristiwa hijrah sekaligus mendalami makna hijrah dan pengamalannya masa kini.

Hijrah memiliki makna penting bagi umat muslim pada saat itu sebagai bentuk strategi perjuangan agama Islam. Bagi umat muslim saat ini, pelaksanaan hijrah dapat dilakukan dengan cara memaknai apa itu hijrah dan mengintropeksi diri untuk menjadi individu yang lebih baik di sepanjang tahun selanjutnya.Tidak ada tradisi khusus untuk menyambut Tahun Baru Hijriah, biasanya di mushola atau masjid mengadakan membaca doa akhir tahun yang dilakukan setelah solat ashar dan membaca doa awal tahun setelah solat magrib.

Di daerah Jawa Tahun Baru Hijriah bertepatan dengan malam 1 Suro menurut penanggalan Jawa. Di Pulau Jawa sendiri banyak tradisi untuk menyambut malam 1 Suro, salah satunya di Pati. Ada tradisi unik yang masih dilakukan oleh masyarakat Pati. Tradisi Barik'an adalah acara kenduri bersama, biasanya masyarakat membawa dan mengumpulkan nasi serta lauk-pauk dari rumah masing-masing. Setelah dikumpulkan, nasi dan lauk-pauk kemudian didoakan. Setelah memanjatkan doa, masyarakat langsung menggelar makan bersama. Pada ritual tersebut terjadi saling tukar-menukar lauk yang mereka bawa. Ritual Barik'an menjadi cara masyarakat untuk meningkatkan kerukunan antar warga desa.

Selain meningkatkan kerukunan warga desa, keamanan sekitar juga perlu ditingkatkan. Misal dengan memasang CCTV di jalan utama atau gang-gang kecil untuk menghidari kejadian yang tidak diinginkan. Dengan memasang kamera CCTV, warga setempat dapat memantau kejadian-kejadian yang terjadi di jalan umum. Selain itu hasil rekaman kamera CCTV dapat dijadikan bukti jika suatu saat terjadi kejadian yang membutuhkan bukti untuk membenarkan kronologi kejadian tersebut. Kami dari CCTV Garuda memberi solusi untuk warga Pati. CCTV Garuda menyediakan paket kamera murah dan berkulitas. Didukung oleh tenaga yang sudah ahli dalam pemasangan kamera CCTV. Segera hubungi CCTV Garuda untuk mendapatkan penawaran paket CCTV di WhatsApp 0851 0373 5857.