Tips meninggalkan rumah saat mudik

Lebaran tinggal menunggu hari, libur lebaran telah tiba. Saatnya bersilaturahmi dengan sanak keluarga baik yang satu kota maupun di luar kota. Sudah semakin banyak masyarakat yang mudik ke kampung halaman. Seiring dengan banyakanya masyarakat yang mudik, mengakibatkan kekosongan yang cukup signifikan di perkotaan. Rumah yang kosong dimanfaatkan oleh pelaku tindak kejahatan untuk membobol rumah-rumah kosong yang ditinggal oleh penghuninya. Selain tindak kejahatan, ancaman lain seperti kebakaran akibata kebocoran gas atau konsleting litrik. Hal ini yang membuat pemudik merasa was-was dan tidak nyaman untuk meninggalkan rumah. Namun ancaman-ancaman tersebut dapat diantisipasi dengan tindakan berikut :

  • Kunci semua pintu dan jendela
    Sebelum meninggalkan rumah pastikan semua pintu dan jendela dalam keadaan terkunci. Bila perlu pasang pengaman ganda pada bagian yang memungkinkan menjadi peluang incaran penjahat. Misalnya seperti lemari, kamar tidur dan pintu belakang rumah. Hindari meninggalkan kumci motor, mobil atau lemari ditempat yang mencolok dan hindari juga kebiasaan meletakan kunci cadangan di bawah pot, keset atau ditempat lain yang mudah di jangkau oleh penjahat

  • Cabut listrik dan gas
    Untuk menghindari resiko kebakaran akibat kenaikan daya yang menyebabkan konsleting litrik, matikan semua perankat elektronik yang tidak diperlukan, cabut kabel dari stop kontak. Selang regulator dari tabung gas juga jangan lupa dicabut untuk menghindari kebocoran gas.

  • Matikan saluran Air
    Pastikan saluran utama PAM dan keran air dalam keadaan mati. Tindakkan ini untuk menghindari tagihan yang membekak juga menghindari kebocoran saluran air.
  • Simpan barang berharga ditempat yang paling aman.
    Simpan barang-barang berharga seperti surat-surat penting, uang dan perhiasan ditempat yang aman. Barang-barang berharga juga dapat dititipkan di kepolisian setempat.
  • Pasang lampu otomatis
    Memasang lampu otomatis yang telah dilengkapi rangkaian elektronik yang mampu mendektesi cahaya terang dan gelap sehingga akan dapat menyala pada malam hari dan pada siang hari akan mati dengan sendirinya, seperti pada lampu jalan raya, terutama pada rumah bagian depan dan teras. Lampu yang menyala terus-menerus siang dan malam bertanda pemilik sedang tidak ada dirumah. Hal ini akan menarik perhatian tamu yang tidak diundang.
  • Pasang kamera pengintai (CCTV)
    Memasang kamera CCTV menjadi salah satu solusi yang tidak boleh dilupakan. CCTV dapat bermanfaat untuk mengulang kejadian selama Anda meninggalkan rumah. Mungkin, CCTV tidak hanya berguna selama Anda mudik tetapi dapat digunakan untuk keamanan sehari-hari. CCTV Garuda memberikan solusi untuk pemudik yang ingin memasang kamera CCTV, CCTV Garuda memberikan layanan “Konsultasi Gratis” untuk mengo[timalkan penggunaan kamera CCTV dengan hasil yang jelas dan tajam. Sistem CCTV kami juga sudah dilengkapi kemampuan online yang dapat dimonitor dari jarak jauh. Segera hubungi CCTV Garuda untuk kebutuhan lebih lanjut d WhatsApp 0851 0373 5857. CCTV Garuda melayani pemasangan di wilayah Jawa Tengah.
 

Setelah melakukan berabagai upacaya untuk mencegah tindak kejahatan selama mudik, hal terakhir yang dapat dilakukan adalah berdo’a kepada Tuhan Yang Maha Esa agar perjalanan mudik diberikan kelamcaran dan keselamatan sampai tempat tujuan., juga rumah yang ditinggal dalam keadaan aman. Rumah aman, Mudikpun Nyaman.