Kudus adalah sebuah kabupaten di Propinsi Jawa Tengah yang terletak 51 km dari timur Kota Semarang. Kudus terletak di jalur pantai timur laut Jawa Tengah antara Semarang dan Surabaya. Kudus terdiri atas 9 kecamatan yang dibagi lagi menjadi 123 desa dan 9 kelurahan. Kudus adalah kabupaten dengan wilayah terkecil dan jumlah kecamatan paling sedikit di Jawa Tengah. Sebagian wilayah kabupaten Kudus adalah dataran rendah yang berada di antara Gunung Muria, Gunung Rahtawu dan Gunung Argojembangan.

Kudus dikenal sebagai kota santri, karena pusat perkembangan agama Islam pada abad pertengahan. Hal ini dapat dilihat dari adanya tiga makam wali atau sunan, yaitu Sunan Kudus, Sunan Muria dan Sunan Kedu. Kudus dikenal sebagai kota jambu bol karena hasil pertaniannya, sekaligus menjadi flora identitas resmi kabupaten Kudus.

Kudus juga merupakan penghasil rokok kretek terbesar di Jawa Tengah. Beberapa perusahaan rokok besar yang ada di Kudus yaitu PT. Djarum, Jambu Bol dan Sukun. Industri lain yang ada di Kudus yakni industri kertas dan percetakan, PT. Pura Barutama. Selain itu juga ada industri elektronik, PT. Nojorono dan PT. Hartono Istana Teknologi (Polytron).

Kuliner khas dari kabupaten Kudus adalah soto Kudus, garang asem, sate kerbau, pindang kerbau, lentog tanjung, opor bakar sunggingan, sambel cengkeh, sambel jeruk pamelo, kopi jetak, dan wedang alang-alang Kudus. Sedangkan oleh-oleh yang berasal dari Kudus yaitu jenang Kudus, jambu bol, kacang bawang, duku sumber dan batik Kudus.

Kudus juga merupakan salah satu kota yang dilalui jaur Pantura yang menghubungkan Jakarta - Semarang - Surabaya. Hal ini menyebabkan Kudus menjadi kota yang padat lalu lintasnya. Selain itu, ada sekitar 40 tempat wisata menarik yang ditawarkan Kudus, mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata sejarah, wisata keluarga, wisata desa, wisata kuliner, wisata misteri dan wisata belanja.

Beberapa tempat wisata yang cukup terkenal di Kudus adalah Alun-alun kota Kudus, Air Terjun Monthel, Air Tiga Rasa Rejenu, Gray Canyon, Waduk Logung, Tugu Identitas Kudus, Masjid Menara Kudus, Masjid Bubrah, Museum Situs Patiayam, Museum Kretek, Sendang Jodo, Goa Siluman, Goa Jepang, Makam Sunan Kudus, Makam Sunan Muria, Makam Sunan Kedu, Desa Wisata Colo, dan masih banyak lagi.

Dengan banyaknya tujuan wisata yang ada di Kudus ini membuat Kudus menjadi kota di Jawa Tengah yang dikenal cukup padat di kunjungi oleh wisatawan dari luar kota. Ramainya kota Kudus ini harus diimbangi dengan keamanannya, salah satunya dengan memasang kamera CCTV di tempat-tempat umum untuk mencegah terjadinya tindak kejahatan.

CCTV Garuda hadir menyediakan paket kamera mulai dari 4 kamera, 8 kamera dan 16 kamera yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. CCTV Garuda menawarkan paket dengan harga yang menarik dan tentu saja terjangkau karena sudah lengkap termasuk instalasi pemasangannya. Bila Anda tertarik ingin memasang CCTV silahkan hubungi kami CCTV Garuda, atau Anda dapat melihat produk kami di www.cctvgaruda.com.

 

cctv kudus